Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Otanjou-bi omedetou gozaimasu, Indonesiajin-tachi!

Di saat Ultah Indonesia yang ke-66 ini, Mbah Google pun ikut memperingatinya dengan membuat Google Doodles di website utama google.com milik mereka. Tapi sayangnya gambarnya kok musti panjat pinang? Kalau saja mereka tahu sejarah panjat pinang yang sebenarnya…😦

Logo Google.com tanggal 17 Agustus 2011

Sejarah Panjat Pinang

Menurut tante Wiki (wikipedia), bahwa Panjat Pinang adalah permainan yang berasal dari zaman kompeni Belanda dulu. Permainan tersebut biasanya diadakan sebagai lomba panjat pinang yang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain.

Peserta lomba ini adalah orang-orang pribumi. Hadiah yang diperebutkan biasanya bahan makanan seperti keju, gula, serta pakaian seperti kemeja. Maklum karena dikalangan pribumi barang-barang seperti ini termasuk mewah. Sementara orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, para orang-orang Belanda menonton sambil tertawa. Tata cara permainan ini belum berubah sejak dulu.

~~~

Nah, sudah tahu sejarahnya begitu kok masih terus dimainkan ya? Hmmm… tapi kalau menurut saya biarlah, toh masa-masa penjajahan oleh VOC dahulu merupakan salah satu sejarah pembentukan peradaban Indonesia saat ini. Toh acara lomba 17 Agustusan memang menjadi salah satu festival serentak yang diadakan di seluruh Indonesia.

Yahoo! juga turut memperingati Ultah Indonesia

Oh iya, waktu buka Yahoo! Indonesia tadi saya juga sempat merekam beberapa screenshot dari flash HUT RI milik mereka. Saya nggak ngerti bagaimana menampilkan flash di WordPress, jadi saya capture saja gambarnya. Tema flash Yahoo! kali ini adalah perang perebutan kemerdekaan.

Cuplikan Yahoo! Flash 17 Agustus 2011

Tapi kita mustinya bangga juga karena Indonesia mulai dikenal luas di dunia internasional. Satu dekade lalu Indonesia masih dikira negara kecil lho, padahal di peta segede gaban gitu! Malah Bali yang termasuk provinsi di Indonesia dikira bule-bule di barat sana adalah negara independen.πŸ˜†

Semoga kita bisa memaknai kemerdekaan ini untuk belajar menjadi manusia yang merdeka.

~SD.