Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Selamat Malam teman-teman…

Malam ini internet yang saya pakai masih tetap lemot alias lambat koneksinya, terpaksa deh saya pakai proxy. Memang setelah pakai proxy internet saya jadi cepat, bahkan sambil download 4 baris di IDM pun masih bisa. Tapi masalahnya proxy Indonesia yang terkenal cepat mengkoneksikan antar server selalu bermasalah karena digunakan untuk yang tidak semestinya oleh oknum netter yang nakal.

~ Masalah utama saya adalah beberapa teman blogger komplain ke saya, kok komen-komen saya selalu ditandai sebagai SPAM oleh akismet, padahal saya kan netter yang baik.πŸ˜₯

Apa itu Proxy?

Proxy yang dimaksud di sini bukanlah nama bintang di langit, bukan nama pusat penjualan HP terbesar di Jakarta, dan bukan juga merek pakaian dalam wanita. Proxy yang dimaksud di sini adalah… berikut ilustrasinya :

Setiap jaringan internet kita kan ada alamat IPnya. Nah IP tersebut itu asalnya dari server ISP (provider internet) yang kita gunakan. Jadi kalau internet kita lambat karena mungkin bandwithnya dibatasi oleh ISP tersebut, maka gunakan IP dari proxy! Tugas proxy adalah sebagai agen Shadow Clone (bukan Kage Bunshin no jutsu lho!) untuk menggantikan IP server ISP kita berselancar di dunia internet. Nah karena tugas proxy tersebut sebagai IP bayangan, makanya kita bisa mengakses server yang kita tuju tanpa harus dibatasi bandwith dari server ISP kita. Karena proxy adalah perantara antara komputer kita dengan server yang kita tuju tanpa harus mengakui keberadaan ISP kita. Jadi IP kita yang nongol di sana IP proxy tersebut.

Gimana? Bingung?

~ Kalau bingung juga mendingan langsung dipraktekan saja ya.πŸ˜†

Cari IP proxy yang cepat dulu. Banyak kok website penyedia proxy gratis, salah satunya hidemyass(dot)com. Saya nggak bisa menampilkannya di sini karena TOS WordPress yang membatasi situs yang boleh dibacklink. Tapi saya kasih screenshotnya aja ya.

Tips memilih proxy :

  • Pilih proxy yang cepat! Ya jelas lah, mana ada yang mau lambat.πŸ˜›
  • Pilih proxy yang paling baru status kecepatannya!
  • Pilih proxy dengan port 8080, 80, atau 3128.
  • Sewaktu-waktu proxy juga bisa jadi lemot atau putus, karena itu gantilah proxy yang paling update jika hal itu terjadi.

Setelah IP proxy didapat, masukan ke dalam settingan browser. Pada contoh di bawah ini saya menggunakan Mozilla Firefox. Buat pengguna browser lainnya cari tahu sendiri ya caranya. Hehehe…πŸ˜›

Langkah pertama, buka option browser.

Kemudian langkah kedua, dari Options > Advance > Network > Settings. Isi IP Proxy seperti contoh gambar di bawah ini. Ingat, jangan sampai salah memasukan antara IP dengan port-nya ya!

Nah, udah jelas banget kan? Sekarang bagi teman-teman yang koneksi internetnya nggak bagus gara-gara ISP yang semena-mena, bisa bebas berenang di lautan data deh! Proxy-nya jangan dibuat untuk yang aneh-aneh ya, kan itu buat dipakai bersama-sama.πŸ˜€

~SD.

Catatan : Kalau ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komen di bawah ini. Terima kasih…πŸ™‚