Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Setelah kemarin saya mengulas tentang anime Over Drive yang bergenre sport, maka kali ini saya akan mengulas anime dengan genre Romance alias percintaan. Banyak yang bilang biasanya sih anime percintaan gitu-gitu aja, tapi yang ini lain! Anime percintaan yang satu ini adalah salah satu yang terbaik! Bahkan saya sudah menontonnya ulang hingga 5 kali!! Sampai 5 kali tamat lho! Nggak itu aja, saya juga sudah membaca seluruh manga dan doujinshinya. Termasuk mendengarkan Character CD Monologue dan menonton Special Anime-nya. Hahaha…πŸ˜†

Langsung saja kita bahas!πŸ™‚

Amagami SS

Genre : Drama, Roman Percintaan (Romance Arc), Komedi
Penulis : Noboru Kimura & Touko Machida (Enterbrain)
Studio : AIC
Episode : 26 Episode + OVA
Jadwal Tayang :
2 Juli 2010 – 23 Desember 2010
Dapat ditonton oleh : Remaja 17+

Amagami memiliki arti “gigitan lembut” atau bisa juga “gigitan cinta” yang dalam artian di sini adalah salah satu ungkapan kasih sayang. Eits, jangan ngeres dulu, ini bukan anime hentai atau semacamnya! Judul anime ini hanyalah istilah yang digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang. Tapi meskipun begitu anime ini merupakan anime yang dapat ditonton oleh remaja SMA, soalnya kan setting ceritanya tentang kehidupan percintaan anak SMA.πŸ˜€

Oh iya, anime ini diangkat dari game dating-sim yang ada di konsol PS 2 lho! Dan karena kepopulerannya maka dibuatlah animenya. Anime Amagami SS sendiri memiliki 26 episode yang dibagi dalam beberapa 8 Arc, masing-masing Arc memiliki cerita yang berbeda-beda dan endingnya berbeda pula, tekecuali mungkin Arc milik Tachibana Miya. Dalam ulasan ini saya akan mengupas satu-persatu ke 8 Arc tersebut. Mungkin akan banyak spoiler bertebaran, tapi malah akan semakin membuat penasaran filmnya seperti apa kok.πŸ˜›

Cerita :

Pemeran utama dalam Amagami SS adalah seorang pemuda yang lumayan ganteng dan menurut pandangan cewek mukanya imut. Pemuda itu bernama Tachibana Junichi, dia bersekolah di Kibitou Academy kelas 2 SMA. Dalam cerita ini Junichi memiliki sifat yang gentleman terhadap cewek, tapi juga terkadang rada ngeres juga sih otaknya. Yang saya suka dari sifatnya adalah instingnya yang tajam terhadap perasaan cewek (bosan soalnya nonton cerita yang cowoknya bego). Setiap awal masing-masing Arc akan dijelaskan bahwa Junichi memiliki trauma percintaan 2 tahun silam, yaitu saat kencan pertama di malam natal, sang gadis yang dia taksir tak kunjung datang dan Junichi pun berakhir dengan patah hati berkepanjangan.

Tachibana Junichi

Dari kisah patah hatinya, akhirnya takdir mengharuskan Junichi mengalami kisah romantis dengan 7 gadis cantik. Dari ketujuh gadis cantik tersebut, dia harus memilih salah satunya untuk dijadikannya kekasih, menghapus kenangan buruk percintaan 2 tahun silam, dan membuat ending yang bahagia. Dari ketujuh Arc ada dua lho yang endingnya menikah!πŸ˜€ Berikut kisah ketujuh gadis cantik tersebut yang akan saya paparkan satu-persatu :

Morishima Lovely Haruka Arc

Dekat dengan gadis tercantik yang merupakan idola di sekolah merupakan impian setiap pemuda (dulu saya sempat mengalaminya lho! :D). Apalagi jika sang gadis itu masih jomblo, wah kesempatan besar tuh! Tapi Morishima-senpai (senpai artinya kakak kelas) yang lebih tua setahun daripada Junichi ini memiliki kepribadian yang unik, dia masih senang bermain-main dan suka melakukan sesuatu hal yang nggak penting dan nggak umum dilakukan oleh cewek SMA lainnya. Hal nggak penting yang dia lakukan misalnya mengintip eskul renang cewek yang sedang latihan. Meski begitu yang namanya idola sekolah, nggak akan ada yang protes selama Morishima-senpai ini masih tetap cantik.

Nah, Junichi yang secara nggak sengaja (takdir itu!) memikat hati Morishima-senpai ini karena membantu adik kelas yang sedang kesulitan dalam membeli makan siang di kantin, akhirnya pun masuk ke dalam keseharian yang unik bersama sang idola sekolah tersebut. Junichi akan mengalami hari-hari dimana dia akan diminta mengikuti gadis ini dan melakukan sesuatu hal yang unik bersama-sama. Tsukahara Hibiki, teman akrab Morishima-senpai sampai mengatakan bahwa mereka berdua adalah pasangan yang cocok karena suka melakukan hal-hal yang aneh.

Morishima Lovely Haruka yang memiliki mata biru karena blasteran Jepang-Inggris ini memiliki sifat yang manja dan senang dimanja. Awalnya Junichi ditolak saat menyatakan perasaannya karena dia lebih muda daripada Morishima-senpai, tapi saat Junichi menyatakannya untuk yang kedua kalinya Morishima-senpai pun tak bisa menolaknya. Gadis ini merasa bahwa dia lebih tua dan seharusnya dia yang memanjakan Junichi, padahal dia menginginkan sebaliknya. Oh iya, Morishima-senpai sangat menyukai anak anjing dan jika bermain bersama Junichi terkadang menganggapnya sebagai anak anjingnya.πŸ˜†

Morishima Lovely Haruka Arc berlangsung dari episode 1 s/d 4.

Tanamachi Kaoru Arc

Pernah dengar istilah TTM kan? TTM alias Teman Tapi Mesra berlaku di Arc milik Tanamachi Kaoru. Gadis ini adalah teman sekelas Junichi yang semenjak SMP selalu bermain bersama. Kaoru, Junichi, dan Umehara Masayoshi, merupakan 3 sekawan yang sulit terpisahkan. Meski 3 sekawan yang terdiri atas 2 cowok dan 1 cewek, namun Kaoru lebih tertarik dengan Junichi. Kenapa? Karena mungkin memang semenjak kejadian 2 tahun lalu (saat Junichi patah hati), Kaoru mulai menyimpan ketertarikannya kepada Junichi. Meski begitu Kaoru masih belum menyadari perasaannya hingga suatu hari Junichi mengira Kaoru hendak menyatakan cintanya.

Kaoru memiliki hobi yang unik yaitu kerja sambilan, dan itu dia lakukan untuk membantu Ibunya yang merupakan single parent yang bekerja keras memenuhi kebutuhan hidup mereka. Kaoru yang amat menyayangi Ibunya tidak rela jika sang Ibu menikah kembali, karena Kaoru menganggap tidak ada laki-laki yang bisa menggantikan posisi ayahnya. Saat mengetahui sang Ibu memiliki pacar dan berencana menikah, Kaoru sangat terpukul dan sedih. Pada saat inilah sang gentleman Tachibana Junichi beraksi untuk menenangkan si gadis pemilik rambut ikal ini.

Tachibana Kaoru mungkin terlihat agak tomboy, namun sebetulnya nggak tomboy-tomboy amat sih. Sifatnya yang selalu menunjukkan kalau dia itu adalah gadis yang kuat, sebenarnya adalah untuk menutupi bagian dirinya yang lemah. Junichi yang menyadari hal ini dengan cepat menolong Kaoru, meskipun harus mencari Kaoru ke seluruh penjuru kota karena Kaoru yang tidak pulang ke rumah. Yang unik dari kisah mereka adalah saat Kaoru menginginkan hubungan mereka berubah dari yang sekedar teman menjadi lebih dari teman, di sini kaoru terlihat agak Tsundere. Tsundere adalah sifat yang kadang galak, tapi kadang juga manis.

Tanamachi Kaoru Arc berlangsung dari episode 5 s/d 8.

Nakata Sae Arc

“Kawaii!!” Itu adalah kata pertama saat saya mulai menonton Arc ini. Kawaii berarti imut-imut dalam bahasa Jepang, dan Nakata Sae adalah yang paling Kawaii dari ketujuh cewek. Gimana nggak imut, gadis ini memiliki tubuh yang mungil, rambut dikuncir twintail, dan suaranya juga pelan banget. Walaupun ada satu bagian tubuh yang nggak imut, yaitu bagian dadanya yang merupakan paling besar dari ketujuh cewek. Hehehe… Oppai daisuki!πŸ˜€ Sae-chan sendiri adalah adik kelas dari Junichi dan merupakan teman sekelas Miya, adik dari Junichi. Oh iya, Junichi kalau bertemu cewek yang dadanya besar begini langsung jatuh hati dia. Hahaha…πŸ˜†

Saya suka dengan Arc Sae-chan karena satu-satunya cerita di Amagami yang menggunakan narator. Naratornya pun terkadang lucu dan disuruh diam oleh Junichi karena kebanyakan omong. Pertama kali Junichi berkenalan dengan Sae-chan adalah saat Sae-chan berada di kantin untuk membeli makanan, saat itu dompet Junichi terjatuh dan Sae-chan pun memungutnya. Namun Sae-chan yang memiliki suara yang lembut dan pelan tidak dapat menjangkau Junichi. Setelah dengan susah payah Sae-chan mengejar Junichi dan mengembalikan dompetnya, dia kemudian kabur karena malu.

Nakata Sae memiliki sifat yang sangat pemalu. Saking pemalunya dia hanya memiliki 3 teman di sekolahnya, yaitu Miya, Nanasaki Ai, dan tentu saja Junichi. Saat Sae-chan diajak oleh Junichi ke restoran tempat Kaoru bekerja, Sae-chan tertarik ingin bekerja paruh waktu karena ingin mengenakan seragam restoran tersebut yang menurut dia kawaii. Nggak aneh sih, soalnya Sae-chan memiliki hobi menjahit dan merancang pakaian lho! Dia bahkan bisa merancang pakaian pengantin yang nantinya akan dipakai saat kontes pasangan ideal yang diadakan di sekolahnya saat malam natal. Untuk mewujudkan keinginan Sae-chan yang ingin bekerja paruh waktu, maka Junichi membantunya berlatih guna mengurangi sifat pemalunya tersebut. Arc ini adalah Arc paling lucu diantara Arc yang lainnya.

Nakata Sae Arc berlangsung dari episode 9 s/d 12.

Nanasaki Ai Arc

Sejujurnya ini adalah Arc favorit saya yang bahkan saya ulang-ulang endingnya.πŸ˜€ Nanasaki Ai merupakan gadis yang memiliki suara paling indah daripada ketujuh gadis lainnya. Pokoknya suaranya bikin… hngggghhhh… kyun! Saya sampai nggak bisa tidur karena terngiang-ngiang suara Ai-chan lho. *lebay* Ai-chan merupakan anggota tim renang sekolahnya dan termasuk salah satu yang renangnya paling cepat. Ai-chan juga merupakan teman sekelas sekaligus teman dekat dari Miya dan Sae-chan. Pada awal cerita Ai-chan terlihat agak galak, namun sebetulnya dia hanya menggoda Junichi yang memang otaknya agak ngeres. Hahaha…

Ai-chan pertama kali berkenalan dengan Junichi di taman dekat sekolah mereka. Saat itu Junichi dan Umehara sedang berjalan menuju rumah mereka, namun tiba-tiba Junichi kebelet pipis dan mampir ke toilet di taman. Saat itulah mereka melihat Ai-chan yang sedang bermain ayunan sambil berdiri, dan tak sengaja dalaman rok Ai-chan terlihat oleh mereka berdua. Dari situ dimulailah sang gentleman berpikiran ngeres ini memperkenalkan dirinya kepada Ai-chan. Ai-chan pun mulai dekat dengan Junichi karena setiap hari Junichi menunggunya selesai berlatih di dekat kolam renang sekolah. Ini adalah Arc dimana Junichi menunjukkan keberaniannya untuk berusaha menghapus masa lalu percintaannya yang menyakitkan.

Nanasaki Ai memiliki sifat yang amat dewasa bagi gadis seumurannya. Meskipun setahun lebih muda daripada Junichi, namun karena ia memiliki adik laki-laki jadinya dalam hubungan mereka berdua Ai-chan sering sekali memanjakan Junichi. Dalam mendekati Junichi Ai-chan cukup agresif, bahkan ia duluan yang pertama kali mencium Junichi. Terkadang juga saat Ai-chan menunjukkan kelemahannya, Junichi dengan seluruh kemampuannya akan siap melindunginya dan menyemangatinya. Mungkin Arc ini adalah Arc yang paling manis dalam anime Amagami SS.

Nanasaki Ai Arc berlangsung dari episode 13 s/d 16.

Sakurai Rihoko Arc

Teman-teman ada yang suka dengan tipe cewek yang chubby? Kalau ada maka kalian pasti akan menyukai Arc ini!πŸ˜€ Sakurai Rihoko yang merupakan teman masa kecil Junichi adalah gadis yang amat mempermasalahkan berat badannya. Walaupun begitu hobinya adalah makan dan membuat kue-kue. Kue buatan Riho-chan ini adalah yang paling enak, dan rasanya tak kalah daripada kue yang dijual di toko. Riho-chan semenjak kecil amat menyukai Junichi dan ingin sekali agar Junichi menyadari perasaan gadis ini. Namun Riho-chan tidak mempermasalahkannya selama dia bisa selalu dekat dengan Junichi. Riho-chan memiliki teman dekat bernama Ito Kanae yang selalu mendukungnya untuk bersama Junichi.

Arc ini dimulai saat Riho-chan terlambat datang ke sekolah. Karena takut gerbang sekolah keburu ditutup, ia lantas menuju ke belakang sekolah untuk menerobos pagar sekolah yang bolong. Namun karena tubuhnya yang agak chubby dan dadanya juga agak besar (Hehehe… Oppai motto!), ia pun akhirnya tersangkut. Junichi yang kebetulan juga terlambat, menemukan Riho-chan yang tersangkut dan kemudian membantunya. Junichi berkata bahwa Riho-chan pasti berat badannya naik lagi. Karena hal itu Riho-chan menyatakan diri untuk berdiet hingga berhasil.

Sakurai Rihoko memiliki sifat yang bisa dibilang lemot, ceroboh, dan agak telmi (telat mikir), namun sangat perhatian terhadap orang-orang di sekitarnya. Tidak hanya Junichi, Miya pun sangat dekat dengan Riho-chan. Selain itu dia juga memiliki Kanae dan kedua senpai dari eskul minum teh di sekolahnya, yaitu Ruriko-senpai dan Manaka-senpai. Kedua senpai dari eskulnya tersebut pun menginginkan agar Riho-chan tidak sendiri saat mereka lulus nanti, karena itu mereka meminta bantuan Junichi agar mau bergabung ke dalam eskul dan menemani Riho-chan.

Sakurai Rihoko Arc berlangsung dari episode 17 s/d 20.

Ayatsuji Tsukasa Arc

Pernah berpikir ingin memiliki pacar ketua OSIS? Atau malah ingin tahu bagaimana sih cara mendekati ketua OSIS? Kalau mau tahu tonton deh Arc ini, bisa jadi nantinya teman-teman bakalan kepingin punya pacar ketua OSIS! Hahaha…πŸ˜€ Karena Ayatsuji Tsukasa adalah seorang gadis yang pekerja keras dan suka menolong orang lain. Tsukasa sangat mencintai pekerjaannya sebagai ketua komite persiapan Festival Sekolah, bahkan jabatan itu setiap tahun ia pegangnya. Nah, karena nggak ada yang membantunya, maka tiba-tiba Junichi mengajukan diri untuk bergabung dengan komite. Kenapa? Apakah untuk mendekati Tsukasa? Awalnya sih Junichi hanya ingin mengisi waktunya dengan hal-hal berguna, namun belakangan ia menjadi tertarik dengan Tsukasa yang terlihat manis… tapi juga ternyata… jebakan!!

Kisah cinta Tsukasa dan Junichi merupakan kisah cinta yang penuh dengan pengorbanan sang pemuda untuk berusaha menjadi pelayan yang baik bagi gadisnya. Lho!? Lho kok gitu? Iya, karena ternyata sang gadis tidaklah semanis yang dipikirkan sang pemuda. Sang gadis rupanya memiliki kepribadian tambahan yang akan membuat sang pemuda harus menahan berbagai siksaan yang akan dihadapinya. Hahaha… saya nggak bercanda lho. Junichi sempat dipukul, ditendang, dan diinjak oleh Tsukasa.πŸ˜†

Ayatsuji Tsukasa memiliki sifat yang di depan orang banyak terlihat manis, baik hati, perhatian, tidak sombong, pokoknya selalu menjadi yang nomor satu di sekolah. Tapi ternyata saat Junichi tak sengaja menemukan rahasianya, sifatnya yang tadinya manis berubah menjadi galak dan suka main perintah. Saya nggak tahu mau mengkategorikan Tsukasa ke dalam Tsundere atau Yandere, soalnya kadang dia Tsundere, kadang juga malah Yandere. Tsukasa bersikap seperti itu karena ingin segalanya berjalan mulus dan sempurna, namun pada saat ada kegagalan sedikit ia pun jatuh sakit. Meski begitu Junichi berusaha kembali untuk menjadikan sang gadis pujaannya tersebut kembali semangat. Junichi berkata bahwa dia menyukai Tsukasa apa adanya, bahkan sifat galaknya sekalipun. Akhir Arc ini sangat tidak terduga lho! Hehehe…πŸ˜€

Ayatsuji Tsukasa Arc berlangsung dari episode 21 s/d 24.

Kamizaki Risa Arc

Nggak banyak yang bisa saya ceritakan tentang Kamizaki Risa di sini, karena memang sesungguhnya dia adalah gadis yang merupakan sumber dari patah hatinya Junichi dua tahun silam. Istilahnya, dia adalah tokoh kunci dalam cerita Amagami ini. Risa-chan juga adalah stalker alias penguntit yang selalu mengawasi Junichi dari tempat yang tak terduga-duga. Pada dasarnya gadis ini amatlah pencemburu dan menginginkan Junichi hanya menjadi miliknya seorang. Kalau mau tau, tonton sendiri ya. Sebelum nonton Arc yang ini, wajib nonton seluruh Arc yang di atas biar nyambung ceritanya.πŸ˜€

Kamizaki Risa Arc berlangsung pada episode 25.

Tachibana Miya Arc

Arc milik Miya-chan ini bukan kisah percintaan, tetapi lebih kepada kisah kasih sayang seorang adik kepada kakaknya. Miya yang khawatir terhadap Junichi yang belum juga memiliki pacar setelah patah hati selama 2 tahun menjadikannya ingin mengetahui bagaimanakah kehidupan kakaknya di sekolah. Awalnya Miya agak heran mengapa Junichi yang dikelilingi banyak gadis cantik tidak juga memiliki pacar. Bahkan ia mengira bahwa Junichi adalah homo dan berhubungan dengan Umehara!! Hahaha… najis dah!πŸ˜† Namun akhirnya Miya mengerti bahwa Junichi perlu waktu untuk dapat memiliki cinta yang baru. Dari Arc ini jugalah kita bisa tahu awal mula kata Amagami alias “gigitan cinta” itu berasal. Hehehe…πŸ˜€

Tachibana Miya Arc berlangsung pada episode 26 (atau resminya episode zero).

~ Wuih, panjang juga saya nulis ya. Hahaha… mungkin ini akan menjadi ulasan anime terpanjang yang pernah saya buat.πŸ˜€

Sekarang kita akan membahas kepada unsur lainnya.

Animasi :

Kualitas animasi dalam Amagami SS sudah bagus. Apalagi adanya unsur komedi di dalamnya menjadikannya merupakan anime dengan unsur ekspresi yang kompleks. Tidak ada komplain dari animasinya, pokoknya saya menyukainya.πŸ™‚

Musik dan Suara :

Kedua opening Amagami SS adalah salah satu lagu yang wajib ada dalam setiap music player saya, baik di komputer ataupun mobile gadget. Lagu openingnya sangat indah dan tidak akan bosan untuk didengarkan. Kemudian lagu ending dalam setiap Arc berbeda-beda, masing-masing pengisi suara dari setiap Arc mereka akan menyanyikannya langsung. Saya tidak memiliki lagu favorit dalam ending Amagami SS, namun sebuah lagu yang ada di dalam Nanasaki Ai Arc merupakan favorit saya yang mungkin sudah lebih dari 1000 kali saya putar.πŸ˜€

Voice Artist dalam anime ini mendekati sempurna, semua karakter diperankan dengan sangat baik dengan kepribadian uniknya masing-masing. Sementara suara dan latar suara dari anime ini sangat pas dengan timingnya. Hanya mungkin saya mendapatkan beberapa suara agak over timing, tapi tidak mengganggu ceritanya kok.

Karakter :

Sepertinya tidak perlu lagi saya jelaskan tentang karakter-karakternya, karena di atas sudah saya ulas selengkap-lengkapnya menurut pandangan saya. Hanya mungkin ada beberapa karakter pendukung yang tidak saya sebutkan di atas. Meski begitu karena ini adalah anime yang dibuat per-Arc, makanya saya nggak mempermasalahkan lagi tentang pengembangan karakter. Mungkin yang saya inginkan adalah dibuatnya lagi beberapa OVA atau bahkan season berikutnya untuk mendalami karakter-karakter pendukung tersebut. Misalnya si cantik Tsukahara Hibiki.πŸ˜€

Apakah anime ini layak untuk di tonton?

Seperti yang saya bilang di atas bahwa anime ini adalah salah satu anime percintaan yang terbaik. Saya sangat merekomendasikannya. Mungkin juga dari menonton anime ini teman-teman akan dapat inspirasi bagaimana cara mendekati gadis pujaan teman-teman. Hehehe…πŸ˜€

~SD.

~ Sudah dulu ya ulasan anime terpanjang yang pernah saya buat, lain waktu kita akan bahas anime lainnya. Sebentar lagi buka puasa nih, jari saya sudah pegal mengetik selama 3 jam. Ciaossu!πŸ˜€

TAMBAHAN : Bagi yang mau download koleksi wallpaper Amagami SS, silahkan ke postingan yang ini >> Wallpaper Amagami SS