Tag

, , , , , , , , ,

Tadi sewaktu saya sedang mendownload manga di mediafire, tiba-tiba muncul captcha. Saya sih nggak heran, soalnya memang terkadang captcha muncul jika saya me-request banyak link download di mediafire dalam satu waktu. Maklumlah saya download kan pakai IDM jadi biar bisa antri downloadnya.πŸ˜€

Biasanya sih captcha… >_<

~ Susah ya ngomongnya.. kalau gitu gimana kalau kita sebut capcay aja.πŸ˜†

Capcay biasanya muncul dengan tulisan yang agak-agak nggak jelas, tapi masih bisa dibaca sih. Tapi tadi beda, saya sampai 3 kali ditolak gara-gara capcaynya nggak jelas. Berikut capcay yang saya maksud :

Capcay pertama :

Itu setelah saya tulis banana, ternyata salah.πŸ˜†

Lalu capcay kedua :

Makin nggak jelas! Saya pikir itu angka III romawi, ternyata bukan.πŸ˜†

Dan terakhir Capcay ketiga :

Nah yang terakhir saya menyerah. Gimana coba nulis huruf terbalik gitu?πŸ˜†

Setelah pakai proxy biar IPnya ganti, capcay yang menyusahkan pun lenyap seketika.πŸ˜€

Apa sih gunanya Captcha?

Captcha berguna sebagai sistem yang digunakan untuk memastikan bahwa yang mengakses adalah manusia, soalnya komputer yang ber-AI (Artificial Intelligent) alias komputer berkecerdasan buatan sekalipun masih jarang yang bisa membacanya karena bentuknya yang merupakan file gambar.

Asal nama Captcha

Oh iya, banyak yang tidak tahu bahwa CAPTCHA berasal dari kata Capture-cha! Artinya kira-kira “tangkep tuh!”πŸ˜† Tapi CAPTCHA juga memiliki kepanjangan yaitu Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia).

Kira-kira begitulah latar belakang dan pengertian capcay. Tapi capcay yang ini agak menyusahkan, saya lebih suka capcay pedas buatannya FO atau capcay manis buatan Ibu saya.πŸ˜†

~SD.